Ilmu Komputer Apaan Sih?

Secara singkat, Ilmu Komputer bisa dibilang mempelajari segala sesuatu yang terjadi di balik komputer (komputasi, sistem operasi, algoritma, struktur data, dll) dan bagaimana menggunakan komputer untuk menyelesaikan suatu masalah atau membuat suatu produk (misalnya dengan data mining, software engineering, kecerdasan buatan, dll).

Banyak yang menyangka anak ilmu komputer pasti jago main komputer, bisa bersihin virus, benerin komputer, dll. Tapi sebenarnya ilmu komputer bukan tentang komputer seperti halnya astronomi bukan tentang teleskop. Ada sebuah tulisan dari @pgbovine yang menurut saya sangat menjelaskan sekali apa sebenarnya yang dipelajari mahasiswa ilmu komputer. @pgbovine adalah seorang Asisten Professor Computer Science di University of Rochester. Tulisan lengkapnya bisa dibaca di sini.

Dalam 1 kata, Computer Science itu: Abstraction. Abstraksi. Bagaimana kita membuat model abstrak dari masalah-masalah yang ada di dunia nyata dan menyelesaikannya dengan bantuan komputer. Namun bidang ilmu lain pun ada yang melibatkan abstraksi (seperti Matematika). Karena itu, @pgbovine menambahkan kata kunci kedua, Automating; bagaimana Ilmu Komputer membantu mengatasi masalah secara otomatis dengan algoritma/sekumpulan prosedur yang harus dijalankan. Selain itu, solusi masalah tersebut juga diimplementasikan dalam program/software sehingga @pgbovine menambahkan kata kunci ketiga Implementing. Terakhir, tentunya kita ingin program yang berjalan cepat dan tidak berat, sehingga ditambahkanlah kata kunci keempat Efficiently, dengan efisien. Jadi menurut @pgbovine, Ilmu Komputer dalam 4 kata itu: Efficiently Implementing Automated Abstraction (mengimplementasikan secara efisien abstraksi yang diotomasi) nah lho puyeng 😀

Biar gak puyeng, kita lihat contoh program “movie recommendation system”. Misalnya ada website rental video film yang menggunakan program ini. Website ini selalu memberikan rekomendasi film apa untuk dipinjam oleh penggunanya.

  • Abstraksi: bagaimana memodelkan perilaku penonton film? Misalnya menggunakan matriks yang menghubungkan nama pengguna dengan film apa saja yang pernah ditontonnya, genre apa saja, dst.
  • Automating: bagaimana membuat algoritma yang dapat memberikan rekomendasi sesuai selera penonton. Misalnya, selalu beri rekomendasi film yang artisnya sama dengan yang pernah dia tonton.
  • Implementing: menulis semua model dan algoritma di atas ke dalam program komputer
  • Efficent: bagaimana agar program itu berjalan efisien. Pengguna tidak akan suka kalau dia memasukkan kata kunci untuk mencari film dan respon program adalah 5 menit kemudian.

Kemudian, kalau kamu tertarik mengambil jurusan Ilmu Komputer, ternyata ada beberapa jurusan yang terkait lho.. Kalau di Indonesia, kebanyakan yang ada adalah Sistem Informasi dan Teknik Komputer. Perbedaan tiga hal itu kalau dalam bahasa saya, Ilmu Komputer itu fokusnya ke sofware, algoritma, sedangkan Teknik Komputer ke hardware, dan Sistem Informasi itu ke penerapan IT di organisasi (jadi kuliahnya agak2 mirip kuliah sosial, bahas organisasi, manajemen, bisnis juga). Kalau Ilmu Komputer dan Teknik Informatika sih sama aja, cuma nama lain aja. Untuk lebih lengkapnya, perbedaan jurusan2 itu bisa dibaca di sini ya. Selamat memilih jurusan Ilmu Komputer! 😀

*Tulisan ini dicantumkan juga untuk proyek websitenya Tahu Kampus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: